Halaman

16 Desember 2011

Wow, Inilah Tablet Komputer Paling Ringan di Dunia

India telah meluncurkan sesuatu yang diklaim sebagai komputer tablet termurah di dunia pada hari Rabu (06/10) kemarin, yang secara khusus akan dijual kepada siswa dengan subsidi $35 dan kemudian nantinya akan dijual di pasaran dengan harga yang lebih mahal, yakni $60 (Rp. 600 ribuan). Sebanyak 1,2 miliar penduduk India adalah miskin dan produk semacam Apple iPad menjadi terlalu tinggi untuk dibeli.

\r\nUntuk itu, pemerintah telah membeli satu unit pertama dari device touchscreen yang ringan, bernama Aakash atau ?Sky? dalam bahasa Hindi, dijual dengan harga $50 dari perusahaan Inggris. Sebuah project sebanyak 100,000 unit komputer tablet Aakash tersebut akan diberikan gratis untuk anak-anak. Aakash sudah support dengan video conferencing, 2 port USB dan daya tahan baterai cukup bertahan selama 3 jam, namun sejumlah pengguna mengatakan bahwa tablet tersebut berjalan cukup lambat.

\r\nAakash ditujukan pula untuk mahasiswa guna pembelajaran digital via platform pemerintah melalui e-book dan kursus. Processor 660 mhz, sepertinya tampa bagus dari perusahaan Conexant Systems USA, namun menurut sumber BGR India, mesin tersebut tampaknya berjalan lambat. Device tersebut menggunakan display LCDE resistive dibandingkan full touchscreen dan terkoneksi via jaringan wireless, termasuk bisa untuk koneksi ponsel. Seperti Kindle Fire dari Amazon, Aakash juga menggunakan sistem operasi Google.

0 komentar:

Posting Komentar